Rabu, 25 Maret 2015

5 Tips Melakukan Refleksologi Telinga untuk Relaksasi

Refleksologi (pijat refleksi) bekerja dengan cara merefleksikan pijatan pada titik tertentu tubuh (biasanya telapak kaki dan tangan) untuk memperbaiki kondisi tubuh atau organ yang sesuai.
Selain tangan dan kaki, telinga juga memiliki titik refleksologi yang bisa dirangsang untuk mendapatkan efek menguntungkan pada daerah tubuh yang sesuai.
Refleksologi umumnya dilakukan untuk relaksasi. Langkah-langkah berikut akan menunjukkan bagaimana cara melakukan refleksologi pada telinga. Refleksologi telinga sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri.
1. Lakukan refleksologi telinga dua sampai tiga kali per hari untuk merangsang relaksasi. Terapi ini memiliki efek menenangkan dan sangat efektif dilakukan sesaat sebelum tidur.
2. Upayakan suasana hening sebelum melakukan terapi ini. Ambil posisi duduk yang nyaman dengan punggung ditegakkan. Gosok kedua tangan bersama-sama agar hangat. Cara lain, Anda dapat mencuci tangan terlebih dahulu dengan air hangat. Tangkupkan telapak tangan pada daun telinga selama 15 detik.
3. Pijat daun telinga menggunakan ibu jari, telunjuk, dan jari tengah. Posisikan ibu jari di bagian luar dan dua jari lainnya di depan (bagian dalam) daun telinga. Pijat dari bawah ke atas hingga semua bagian telinga. Lakukan 5-10 kali pijatan sebelum berpindah tempat.
4. Posisi ibu jari, telunjuk, dan jari tengah dapat saling bertukar terutama jika Anda merasa canggung. Pastikan saja semua bagian daun telinga mendapatkan pijatan secara merata.
5. Gosok permukaan daun telinga dengan ujung jari telunjuk. Gosok mulai bagian terdalam hingga luar telinga termasuk lipatan-lipatannya


1 komentar: